Sunday 4 January 2009

tugas aplikom evy sumartha




Kiat Sukses NETPRENEUR & Kepribadian ENTREPRENEUR?

Berikut ini, saya akan berbagi kiat-kiat sukses menjadinetpreneur, diantaranya adalah:
1. Kecepatan.
Dengan segala percepatan perkembangan teknologi, globalisasi, dan internet, laju perubahan pun semakin cepat dari yang pernah dibayangkan. Karena itu, Anda harus bisa mengantisipasinya dan sanggup bereaksi cepat, tapi juga penuh perhitungan.
2. Kemampuan Beradaptasi.
Laju perubahan yang terjadi pada dunia internet membutuhkan bisnis yang lebih fleksibel dan adaptif dibandingkan sebelumnya. Anda harus menambah pengetahuan dan mampu menginterpretasinya, serta secara cepat merespon perubahan tersebut dimanapun terjadinya baik dalam teknologi dan kompetisi, juga padapergantian pola pasar dan pembeli-.
3. Eksperimen.
Seorang netpreneur harus bersedia mencoba ide-ide baru di pasar yang dibidiknya. Anda tidak memiliki banyak waktu atau hanyamengandalkan 'market research' yang sudah tidak up to dateuntuk mengevaluasi tindakan-tindakan Anda . Eksperimen dansiap bergerak cepat untuk beradaptasi dengan apa yangdibutuhkan dan diinginkan pasar kepada Anda .
4. Inovasi Yang Konstan.
Meluncurkan produk ke pasar hanyalah sebuah permulaan. Dorongan kompetisi yang tak kenal henti dan tuntutan pasar terhadap perbaikan membuat fokus bisnis pada inovasi sangat penting.
5. Kolaborasi.
Sudah menjadi sifat dari netpreneur menjadi kolaboratif. Anda tidak bisa bekerja sendiri di pergerakan dengan kecepatanseperti ini. Internet memungkinkan Anda melibatkan banyak pemilik perusahaan dalam setiap langkah. Mulai dari kelahiransebuah produk melalui riset, pembangunan produk, pengemasan,pengiriman, support dan proses perbaikan yang terus berjalan.
6. Jadilah Penggerak Distribusi.
Tantangan nyata dari dunia bisnis saat ini adalah distribusipenyebaran merek serta identitas produk dan jasa Anda -.Satu hal yang paling terasa, internet memperkecil hambatan distribusi. Untuk itu, Anda harus membangun merek dan salurandistribusi demi kesinambungan kesuksesan bisnis.
7. Fokus Pada Niche Market.
Internet menjangkau dan mendistribusi kesempatan bisnis pada pasarbaru yang terbuka. Karena itu, netpreneur harus memfokuskan pada sektor pasar yang terdefinisi dengan baik -yaitu pada niche marketatau pasar ceruk- agar dapat meraih posisi dominan atau menemukanpasar yang belum atau kurang terlayani. Walau kenyataannya,kesempatan yang paling menggairahkan terletak pada menciptakanpasar yang baru.
8. Jadilah Multidisipliner.
Perusahaan dalam era ekonomi baru seperti sekarang menciptakan solusi dengan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu sepertiteknologi, content, grafis, layanan dan hubungan. Karena itu,seorang netpreneur sukses biasanya memahami berbagai disiplinilmu.Itulah kemampuan yang harus dimiliki seorang netpreneur dalam lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat. Dan sebuah cara untuk memiliki kemampuan seperti seorang netpreneur sukses.


Tipe-tipe kepribadian seorang pebisnis di bawah ini.9 Tipe Kepribadian Entrepreneur --Yang Manakah Tipe Kepribadian Anda :
1. The Improver.
Anda memiliki kepribadian ini jika Anda menjalankan bisnis dengan menonjolkan gaya improver alias ingin selalu memperbaiki. Anda menggunakan perusahaan Anda untuk memperbaiki dunia. Improver memiliki kemampuan yang kokoh dalam menjalankan bisnis. Mereka juga memiliki intergritas dan etika yang tinggi.Personality Alert: Waspadai sifat Anda yang cenderungmenjadi perfeksionis dan terlalu kritis terhadap karyawandan pelanggan Anda. Contoh Entrepreneur: Anita Roddick,pendiri The Body Shop.
2. The Advisor.
Tipe kepribadian pebisnis seperti ini bersedia memberikan bantuan dan saran tingkat tinggi bagi para pelanggannya. Motto dari advisor ini yaitu pelanggan adalah benar dan kita harus melakukan apa saja untuk menyenangkan mereka.Personality Alert: Seorang advisor bisa jadi terlalu fokuspada kebutuhan bisnis mereka dan pelanggan, sehinggacenderung mengabaikan kebutuhan mereka sendiri danbisa-bisa malah cape hati sendiri. Contoh Entrepreneur:John W. Nordstrom, pendiri Nordstorm.
3. The Superstar.
Inilah bisnis yang pusatnya dikelilingi oleh karisma dan energi tinggi dari Sang CEO Superstar. Pebisnis dengan kepribadian seperti ini biasanya membangun bisnis mereka dengan personal brand mereka sendiri.Personality Alert: Pebisnis dengan tipe ini bisa menjaditerlalu kompetitif dan workaholics.Contoh Entrepreneur: Donald Trump, CEO Trump Hotels &Casino Resorts.
4. The Artist.
Kepribadian pebisnis seperti ini biasanya senang menyendiri tapi memiliki kreativitas yang tinggi. Mereka biasanya sering kali ditemukan di bisnis yang membutuhkan kreativitas seperti pada perusahaan agen periklanan, web design, dll.Personality Alert: Pebisnis tipe ini bisa jadi terlalusensitif terhadap respon pelanggan Anda, walaupun kritikdari mereka bersifat membangun.Contoh Entrepreneur: Scott Adams, pendiri dan penggagasDilbert.
5. The Visionary.
Sebuah bisnis yang dibangun oleh seorang visioner biasanya berdasarkan visi masa depan dan pemikiran pendirinya. Anda memiliki keingintahuan yang tinggi untuk mengerti dunia di sekeliling Anda dan akan membuat rencana untuk menghindari segala macam rintangan.Personality Alert: Seorang visioner bisa jadi terlalu fokuspada mimpi mereka dan kurang berpijak pada realitas. Danjangan lupa, menyertai visi Anda dengan melakukan tindakannyata. Contoh Entrepreneur: Bill Gates, pendiri MicroSoftInc.
6. The Analyst.
Jika Anda menjalankan bisnis sebagai seorang analis, perusahaan Anda biasanya memfokuskan pada penyelesaian masalah dalam suatu cara sistematis. Seringkali berbasis pada ilmu pengetahuan, keahlian teknis atau komputer, seorang analis perusahaan biasanya hebat dalam memecahkan masalah.Personality Alert: Hati-hati dengan kelumpuhan analisa.Bekerjalah dengan mempercayai orang lain. Contoh Entrepreneur:Gordon Moore, pendiri Intel.
7. The Fireball.
Sebuah bisnis yang dimiliki oleh si Bola Api ini biasanya dioperasikan dengan penuh hidup, energi dan optimisme. Pelanggan merasa perusahaan Anda dijalankan dengan tingkah laku yang fun.Personality Alert: Anda bisa jadi berkomitmen yangberlebihan terhadap tim Anda dan bertingkah laku terlaluimpulsif. Seimbangkan keimpulsivan Anda dengan rencanabisnis.Contoh Entrepreneur: Malcolm Forbes, penerbit dan pendiriForbes Magazine.
8. The Hero.
Anda memiliki kemauan dan kemampuan yang luar biasa dalam memimpin dunia dan bisnis Anda melalui segala macam tantangan. Anda adalah inti dari kewirausahaaan dan bisa mengumpulkan banyak perusahaan besar.Personality Alert: Terlalu mengumbar janji dan menggunakantaktik kekuatan penuh untuk mendapatkan sesuatu dengan caraAnda tidak akan berhasil dalam jangka waktu panjang. Untukmenjadi sukses, percayailah keterampilan kepemimpinan Andauntuk menolong orang lain menemukan jalan mereka.Contoh Entrepreneur: Jack Welch, CEO GE.
9. The Healer.
Jika Anda adalah seorang 'penyembuh', Anda bersifatpengasuh dan penjaga keharmonisan dalam bisnis Anda. Andamemiliki kemampuan bertahan yang luar biasa dan keteguhandisertai dengan ketenangan dari dalam.Personality Alert: Karena sifat perhatian Anda dankepenyembuhan Anda dalam menjalankan bisnis, Anda bisajadi menghindari realitas di luar sana dan selalu terlaluberharap. Gunakan skenario perencanaan untuk persiapandatangnya masalah.Contoh Entrepreneur: Ben Cohen, salah satu pendiri Ben &Jerry's Ice Cream.Nah, dengan mengetahui 9 tipe kepribadian dalammenjalankan sebuah bisnis, Anda bisa lebih terarah dalammembangun bisnis . Tapi yang tak kalah pentingnya adalah pengetahuan mengenai seluk beluk bisnis itu sendiri.

1 comment: