Sunday 4 January 2009

BIIL GATES...the King Of intrepreneur



Tahukah kamu siapa Om Bill Gates itu?

Bill Gates adalah pendiri dan Chief Software Architect Microsoft Corporation. Perusahaan yang menguasai pembuatan perangkat lunak, service, dan teknologi internet untuk komputasi tingkat peorangan dan bisnis.



Mari Beranjak pada Kronologi Kerajaan Bisnis Bill Gates__Mifcrosoft…

  1. Dilahirkan tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Ayahnya adalah William H. Gates II, tetapi mengubah namanya menjadi William H. Gates Jr., ketika turut serta dalam perang dunia II. Ibunya adalah Mary Maxwell Gates dari keluarga yang terpandang di Seattle. Orang tua Bill Gates menikah tahun 1951.

Tanda-tanda bakal menjadi orang yang mengubah dunia sudah kelihatan ketika Gates masih kecil.

  1. Tahun 1968 pada usianya 13 tahun dan berada pada tingkat 8 ketika masih bersekolah di LakesideSchool ( Sebuah sekolah khusus untuk anak laki-laki). Di sana ia mengembangkan ketertarikan di bidang perangkat lunak computer. Gates kemudian berkembang menjadi programmer. Di Lakeside ada Paul Allen yang berada pada tingkat 10 dan juga programmer maniak. Pada tahun yang sama Gates dan Allen dapat mengakses computer PDP-10 yang dijalankan perusahaan swasta di Seattle.
  2. Pada bulan Maret 1969, Allen kuliah di Universitas Washington dan mulai menggunakan computer Xerox. Gates kemudian menyusul menggunakan computer Universitas Washington.
  3. Pada musim gugur tahun 1970, Gates, Allen, dan teman mereka Ric Weland, dan Kent Evans (yang meninggal karena kecelakaan olahraga hiking tahun 1972) mendapat akses ke computer PDP-10 di Portland Oregon, dan setuju untuk menulis sebuah program akuntansi menggunakan COBOL. Gates dan Allen menyelesaikan proyek tersebut pada Juni1972.
  4. Pada musim gugur 1973, Gates masuk Universitas Harvard sebagai mahasiswa tahun pertama. Ia tinggal dekat tempat Steve ballmer, sekarang adalah CEO Microsoft. Sambil kuliah di Harvard, Gates mengembangkan sebuah versi dalam bahasa pemrograman BASIC yang pertama kali di pakai untuk microcomputer yaitu MITS Altair. Pada tahun awal kuliah Gates langsung meninggalkan Harvard untuk mencurahkan segala tenaganya untuk mengembangkan Microsoft.
  5. Pada tanggal 6 November 1980 Microsoft menandatangani perjanjian dengan IBM. IBM dilarang untuk memberikan lisensi program-program Microsoft kepada perusahaan pihak ketiga tetapi Microsoft sendiri bebas untuk melakukan hal yang serupa.
  6. Pada tanggal 1 Juli 1981 Microsoft Corporation memiliki komposisi kepemilikan perusahaan: Bill Gates 53%, Paul Allen 31%, Steve Ballmer 8%, Raburn 4%, Simonyi dan Letwin masing-masing 1,5%.
  7. Tanggal 1 Januari 1994, Gates menikah dengan Melinda French Gates. Mereka dikaruniai tiga anak. Gates sangat gemar membaca dan senang bermain golf dan bridge.

Gaya Bisnis Bill Gates

^^ Kerja keras

^^ Sangat Kompetitif

^^ Kemampuan untuk melihat peluang

^^ Mampu menciptakan suasana atau kodisi untuk mengendalikan konflik

^^ Strategi yang brilian

Beberapa pertanyaan tentang Bill Gates...

Apakah Bill Gates seorang entrepreneur Schumperean?

Ya. Ia benar-benar telah mengubah “aliran alokasian sumber daya dengan memperkenalkan cara baru ke dalam ekonomi” yaitu dengan menciptakan system operasi berkualitas tinggi yang memonopoli bisnis computer personal. Dengan cara demikian mendorong system operasi menjai sector yang paling penting dalam ekonomi modern.

Apakah Gates telah bersalah dalam melakukan praktek bisnis yang tidak fair?

Ya. Microsoft melakukannya. Melihat proyek pengmebangan para rival mereka dan kemudian membuat proyek yang serupa sendiri. Menggunakan kekuasaan mereka untuk mengendalikan system operasi agar bisa meningkatkan usahanya dalam menguasai aplikasi-aplikasi. Menggunakan teknik pra-pengumuman atas produk yang belum ada tujuannya untuk membekukan atau melumpuhkan pesaing potensial.



Lampiran

KATA-KATA KAKEK YANG MEMBUAT TERMEHEK-MEHEK…

*) “Tanpa adanya pilihan, tidak ada kompetisi. Tanpa kompetisi, tidak akan ada inovasi. Dan tanpa inovasi, anda akan tinggal dengan kesempitan.”

( Scott McNealy, CEO Sun Microsystem).

*) “Keputusan yang bodoh dan acak kadangkala membuat kesuksesan dan keberuntungan tidak akan terjadi jika kami tidak tetap berusaha”

(Dimitri Boylan, pendiri HotJobs.com yang dibeli Yahoo $ 437 juta)

*) “Fokuslah pada satu bidang dengan komitmen penuh. Memiliki integritas dan memberikan imbalan kepada yang berhak menerimanya.”

(James Clark, pendiri Silicon Graphics Inc. dan Netscape)






No comments:

Post a Comment